MAKALAH
TARI
INDANG – SUMATERA BARAT
Namakelompok:
1.
Yulianto
2.
Windaoktaviana
3.
Riskaaristiana
4.
Reni
susilowati
5.
Reni
dianhariyanti
6.
Putra
mahendra
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN BINTANGNUSANTARA
KEC.RUMBIA KAB.LAMPUNG TENGAH
TP 2014/2015
Kata
Pengantar
Penulisansinopsisdankonseptarikreasiinimerupakanketerangan
yang
dapatmenuntunpenontonpadapemahamantentanglatarbelakangataumaknaTariIndang.TariIndangmerupakansalahsatutaritradisionaldari
Sumatera Barat selaintari-tarianterkenallainnyasepertiTariPiringdanTariPayung.
TariIndang
yang Sayabawakanbertemakanetikapergaulan, dipadukandenganlaguCindaiasalMelayu
yang membuattarikreasinantinyaakanlebihterlihatserasidenganperpaduanmusiknya.
Untukselengkapnyaakandijelaskanpadabagiansinopsisdanlatarbelakangpadahalamanberikutnya.
PENYUSUN
|
HALAMAN JUDUL
................................................................................................
KATA PENGANTAR .............................................................................................I
DAFTAR ISI
..........................................................................................................II
BAB I.......................................................................................................................1
1.
LATAR
BELAKANG
................................................................................1
2. PERUMUSAN MASALAH .......................................................................2
3.
TUJUAN
.....................................................................................................2
BAB IIPEMBAHASAN........................................................................................3
1.
LATAR
BELAKANG ................................................................................3
2.
SEJARAH TARI INDANG
.......................................................................6
3. MAKNA TARI INDANG
...........................................................................6
BAB III KESIMPULAN
.........................................................................................8
PENUTUP
...............................................................................................................9
SOAL.....................................................................................................................10
|
BAB I
1. LATAR BELAKANG
Senitariadalahungkapanjiwa yang
mengandungunsurkeindahandalambentukgerakan yang teratursesuaidenganirama yang
mengiringinya.Tariadalahkeindahangerakanggota-anggotatubuh yang bergerak,
berirama, danberjiwa yang harmonis.
Ada tigaunsurutamadalamtari, yaituwiraga (fisik), wirama
(iringanmusik), danwirasa
(penjiwaanatauekspresi).Geraktaridangerakbiasamemilikiperbedaandalamhalkehalusan,
dinamika (iramadan tempo), daniringan.
Jenistarisalahsatunyaadalahtarikreasi.Tarikreasiitusendirimerupakantari
yang memilikicirigerak yang tidaklagimengikutipola-poladanramuan-ramuan yang
menetap.Tarikreasiberasaldaritaritradisional yang
sudahdikembangkan.Tarikreasidibagimenjadiduamacam, yaitutari modern
dantarikontemporer.
Tarikreasi yang akanSayatampilkanadalahtarikreasipengembangandariTariIndang.
TariIndangpadaawalnyamemangmerupakantariuntukkeagamaan,
namunkinitariindangjugamenjaditaripergaulanmuda-mudi.DengandiiringilagudindinbadindinciptaanTiar
Ramon, SayaperpadukanjugadenganlaguCindaidariMelayu yang dipopulerkanolehSitiNurhaliza.AlasanSayamemilihlaguCindaiadalahsupayaperpaduanlagupengiringtarikreasipengembangandariTariIndangnantinyadapatmenjadiperpaduanlagu
yang serasidengan nada minor.
|
Tidaksepertisenitaripadaumumnya,
TariIndangtidakmenonjolkangerakantubuh yang
penaridalampertunjukannya.Ciritaridaerahiniadalahgerak yang
diperagakansangatmaknawi, sederhanatapimendalam.Berikutadalahpenjelasantentangkonsepgerak,
durasi, tatarias, danlokasi/tempatuntukmenampilkanTariIndang.
Untukmewujudkangagasankedalamsuatubentuktarian,
tentunyadiperlukangerak.AdapunkonsepgerakdalamTariIndangadalahgerakantangandenganjari
yang membuka,
patah-patahmenyikumengarahkeatassepertipengucapansyukurdanmengagungkan.Gerakbadan
yang naikturunataukekanandankekiri, dangerakanutamanyayaitumenepuktanganberirama
yang menimbulkankesan ceria danakanlebihserasijikadilakukanolehlebihdarisatu
orang.
Mengenaidurasi,
TariIndanginimenggunakanwaktupertunjukanselamakuranglebih 4-5
menit.Penggunaanwaktu yang singkatinibertujuan agar tidakmenyitaperhatian,
kepentingan, keperluan, danmenghilangkankejenuhan.
Kemudiantatarias,
untukmenampilkanTariIndangtidakmembutuhkanriaspadawajah,
tetapihanyamenggunakankostumsederhanakhasMinangkabau.
Dan yang terakhiradalahunsurtempat.TarianIndanginitidakharusdilakukan
di
tempatluassepertipanggung.Karenagerakannyasederhanadantidakbanyakberpindah-pindah.Namun,
agar terlihatlebihmenariksebaiknyaditampilkan di ataspanggung yang luas,
terutamajikatarianinidilakukanolehlebihdarisatu orang.
DalamseniTariTradisionalinikamimembuat agar
semuakalangan-kalanganremajaikutberpartisipasi.Karenapadaumumnyataritradisionalinicukupmenyusutdengantarian-tarianmoderenmasakini.Makadariitusayainginmenjelaskanapamanfaatdaritaritradisional
yang begitukurangakanpeminatnya. Banyaksebagianremaja yang
tidakmengetahuiapakahmaknataritradisionaldanmanfaatnya.Selainitutaritradisionaljugabisamembuatketertarikantersendiribagiremaja-remajasaatini.
2.
PERUMUSAN MASALAH
1. Pengertiantaritradisional
2. Upayamelestarikantaritradisional
3. Contohtaritradisional
3. TUJUAN
1.
Untuk mengembangkankembalitariantradisionalsecaraluas
2.
Untuklebihmengetahuiapamanfaatdaritariantradisional
3.
Untuklebihmenonjolkankekreatifananaktidakhanyapadatarianmoderendansemacamnya
BAB
I
PEMBAHASAN
1. LATAR
BELAKANG
Etnik
Minangkabaumenyimpanbanyakkekayaantradisilisan. Salah
satunyaadalahTariIndang.TariIndangmenggambarkankedatangan Islam di Sumatera
Barat sejakabad ke-13.TarianinidikenaldenganTarianBadindin, yaitu kata-kata
“dindinbadindin” padalagupengiringnya.Tarianinisebenarnyasuatubentuksastralisan
yang
disampaikansecaraberkelompoksambilberdendangdanmemainkanrebanakecil.Selainitu,
sekaranginiTariIndangjugamerupakantaripergaulanmudamudidengangerakan yang
kompak, dinamis, dan ceria, di
manamerekadituntununtukselalubekerjasamasatudengan yang lainnya.
Indangberkembangdalammasyarakat
traditional Minangkabau yang menghuniwilayahkabupaten
Padang.Kesenianinitadinyabertujuanuntukkeperluandakwah Islam.NasrulAzwar,
aktivisbudaya yang tinggal di Padang,
menyebutkansecarahistorisTariIndangmerupakanhasilperkawinanbudayaantaraMinangkabaudanperadaban
Islam abad ke-14. Peradabantersebutdiperkenalkanpedagang yang masukke Aceh
melaluipesisirbaratPulau Sumatera danselanjutnyamenyebarkeUlakan-Pariaman.
Kalaudibedakanlebihdalam,
padaTariIndangmunculjenis-jenisnyanyianmaqam,
iqa’atdanavazsertapenggunaanmusikgambus.Maqammenggambarkantangga nada, struktur
interval danambitus.Iqa’atmenyimpanpolaritmikpadamusik
Islam.Adapunavazadalahmelodi yang bergerakbebastampairamadandiperkenalkanmusik
Islam.
PentasTariIndangbiasadiramaikanolehtujuh
orang penari.Ketujuhpenariitubiasadisebutdengan
‘anakindang’.Merekadipimpinolehseorang guru yang
disebuttukangdzikir.TariIndangmerupakanmanifestasibudayamendidiklewatsuraudankentalnyapengaruhbudaya
Islam di Minangkabau.
|
Tari Indang merupakan salah satu
kesenian tari yang berasal dari Minangkabau. Etnik Minangkabau menyimpan banyak
kekayaan tradisi lisan. Salah satunya adalah Tari Indang. Tari Indang
menggambarkan kedatangan Islam di Sumatera Barat sejak abad ke-13. Tarian ini
dikenal dengan Tarian Badindin, yaitu kata-kata “dindin badindin” pada lagu
pengiringnya. Tarian ini sebenarnya suatu bentuk sastra lisan yang disampaikan
secara berkelompok sambil berdendang dan memainkan rebana kecil. Selain itu,
sekarang ini Tari Indang juga merupakan tari pergaulan muda mudi dengan gerakan
yang kompak, dinamis, dan ceria, di mana mereka dituntun untuk selalu bekerja
sama satu dengan yang lainnya.
Indang berkembang dalam
masyarakat traditional Minangkabau yang menghuni wilayah kabupaten Padang. Tari indang diciptaan oleh Rapa’i. Rapa’i merupakan
pengikut setia Syekh Burhanuddin – seorang tokoh terpandang yang selalu
memperingati upacara tabuik di
Minang.
Kesenian ini tadinya bertujuan
untuk keperluan dakwah Islam. Nasrul Azwar, aktivis budaya yang tinggal di
Padang, menyebutkan secara historis Tari Indang merupakan hasil perkawinan
budaya antara Minangkabau dan peradaban Islam abad ke-14. Peradaban tersebut
diperkenalkan pedagang yang masuk ke Aceh melalui pesisir barat Pulau Sumatera
dan selanjutnya menyebar ke Ulakan-Pariaman.
Kalau dibedakan lebih dalam, pada
Tari Indang muncul jenis-jenis nyanyian maqam, iqa’at dan avaz serta penggunaan
musik gambus. Maqam menggambarkan tangga nada, struktur interval dan ambitus.
Iqa’at menyimpan pola ritmik pada musik Islam. Adapun avaz adalah melodi yang
bergerak bebas tampa irama dan diperkenalkan musik Islam.
Pentas Tari Indang biasa
diramaikan oleh tujuh orang penari. Ketujuh penari itu biasa disebut dengan
‘anak indang’. Mereka dipimpin oleh seorang guru yang disebut tukang dzikir.
Tari Indang merupakan manifestasi budaya mendidik lewat surau dan kentalnya
pengaruh budaya Islam di Minangkabau.
|
Seni tari adalah
ungkapan jiwa yang mengandung unsur keindahan dalam bentuk gerakan yang teratur
sesuai dengan irama yang mengiringinya.
Tari adalah
keindahan gerak anggota-anggota tubuh yang bergerak, berirama, dan berjiwa yang
harmonis.
Ada tiga unsur utama
dalam tari, yaitu wiraga (fisik), wirama (iringan musik), dan wirasa (penjiwaan
atau ekspresi). Gerak tari dan gerak biasa memiliki perbedaan dalam hal
kehalusan, dinamika (irama dan tempo), dan iringan.
Jenis tari salah
satunya adalah tari kreasi. Tari kreasi itu sendiri merupakan tari yang
memiliki ciri gerak yang tidak lagi mengikuti pola-pola dan ramuan-ramuan yang
menetap. Tari kreasi berasal dari tari tradisional yang sudah dikembangkan.
Tari kreasi dibagi menjadi dua macam, yaitu tari modern dan tari kontemporer.
Tari kreasi yang
akan Saya tampilkan adalah tari kreasi pengembangan dari Tari Indang. Tari
Indang pada awalnya memang merupakan tari untuk keagamaan, namun kini tari
indang juga menjadi tari pergaulan muda-mudi. Dengan diiringi lagu dindin
badindin ciptaan Tiar Ramon.Tidak seperti seni tari pada umumnya, Tari Indang
tidak menonjolkan gerakan tubuh yang penari dalam pertunjukannya. Ciri tari
daerah ini adalah gerak yang diperagakan sangat maknawi, sederhana tapi
mendalam. Berikut adalah penjelasan tentang konsep gerak, durasi, tata rias,
dan lokasi/tempat untuk menampilkan Tari Indang.
Untuk mewujudkan
gagasan ke dalam suatu bentuk tarian, tentunya diperlukan gerak. Adapun konsep
gerak dalam Tari Indang adalah gerakan tangan dengan jari yang membuka,
patah-patah menyiku mengarah keatas seperti pengucapan syukur dan mengagungkan.
Gerak badan yang naik turun atau ke kanan dan ke kiri, dan gerakan utamanya
yaitu menepuk tangan berirama yang menimbulkan kesan ceria dan akan lebih
serasi jika dilakukan oleh lebih dari satu orang.
Mengenai durasi,
Tari Indang ini menggunakan waktu pertunjukan selama kurang lebih 4-5 menit.
Penggunaan waktu yang singkat ini bertujuan agar tidak menyita perhatian,
kepentingan, keperluan, dan menghilangkan kejenuhan.
Kemudian tata
rias, untuk menampilkan Tari Indang tidak membutuhkan rias pada wajah, tetapi
hanya menggunakan kostum sederhana khas Minangkabau.
|
Dan yang
terakhir adalah unsur tempat. Tarian Indang ini tidak harus dilakukan di tempat
luas seperti panggung. Karena gerakannya sederhana dan tidak banyak
berpindah-pindah. Namun, agar terlihat lebih menarik sebaiknya ditampilkan di
atas panggung yang luas, terutama jika tarian ini dilakukan oleh lebih dari
satu orang.
2. Sejarah Tari Indang
Tari Indang merupakan salah satu kesenian tari yang
berasal dari Minangkabau, Etnik Minangkabau menyimpan banyak kekayaan tradisi
lisan. Asal usul Tari Indang adalah dari kata Indang atau disebut Badindin,
salah satunya. Tarian ini sesungguhnya suatu bentuk sastra lisan yang
disampaikan secara berkelompok sambil berdendang dan memainkan rebana kecil.
Pada awalnya kesenian tari indang bertujuan untuk
keperluan dakwah Islam. Itu sebabnya, sastra yang dibawakan berasal dari
shalawat Nabi Muhammad SAW atau hal-hal bertema keagamaan. Tari Indang
berkembang dalam masyarakat tradisional Minangkabau yang menghuni wilayah
kabupaten Padang Pariamam.
Nasrul Azwar, aktivis budaya yang tinggal di Padang
menyebutkan, secara historis Indang merupakan hasil perkawinan budaya antara
Minangkabau dan peradaban Islam abad ke-14. Pperadaban tersebut diperkenalkan
pedagang yang masuk ke Aceh melalui pesisir barat Pulau Sumatra dan selanjutnya
menyebar ke Ulakan-Pariaman.
Kalau dibedakan lebih dalam, Tari Indang muncul
jenis-jenis nyanyian maqam, iqa’at dan avaz serta penggunaan musik gambus.
Maqam menggambarkan tangga nada, struktur interval dam ambisius. Iqa’at
menyimpan pola ritmik pada musik Islam. Avaz ialah melodi yang bergerak bebas
tanpa irama dan diperkenalkanlah musik Islam.
Pentas Tari Indang biasa diramaikan oleh tujuh
penari yang semuanya laki-laki. Ketujuh penari itu biasa dinamai ‘anak indang’.
Mereka dipimpin seorang guru yang disebut tukang dzikir. Ya, memang Indang
merupakan manifestasi budaya mendidik lewat suara dana kentalnya pengaruh
budaya Islam di Minangkabau.
Tari Indang kini tidak hanua dipentaskan saat
upacara Tabuik. Tari ini pun sering dipentaskan pada berbagai acara lain,
seperti acara Penyambutan Tamu Agung, Pengangkatan Penghulu di suatu desa, atau
acara Festival Budaya. Tari Indang merupakan salah satu kekayaan kebudayaan
nusantara. Tari ini merepresentasikan masyarakat Pariaman yang bersahaj, saling
menghormati dan patuh kepada perintah Tuhan sesuai dengan budaya Melayu.
3.
Makna Tari Indang
|
Tari Indang menyimpan makna yang sangat dalam soal kebesaran Islam dan
Allah SWT dalam gerakan serta nyanyiannya. Unsur-unsur nada dan irama yang
bersifat pujian dimasukkan ke dalam tarian ini. Secara umum, jika diikuti dari
awal sampai akhir lalu dibedah, isi tarian ini adalah kisah kedatangan awal
agama Islam di Minangkabau, yang banyak membentuk corak budaya di daerah ini
hingga sekarang.
Akan tetapi, bahkan bagi yang bukan muslim atau
orang luar Sumatra Barat, tarian ini tetap dianggap sebagai salah satu tarian
khas Sumatera Barat yang dinamis, unik dan sangat berkesan. Selain itu, tarian
ini sebenarnya merupakan satu bentuk dokumentasi sejarah dan budaya, karena
‘merekam’ kisah awal masuknya Islam ke Sumatra Barat.
|
BAB III
KESIMPULAN
Dari uraian yang sayatuliskandalamkaryatulisini,
bahwasenitarimerupakansebuahkaryamanusia yang diekspresikandalamgerak – gerak
yang indah. Di manasetiapunsurgeraknyamempunyaiartidantujuandari sang
koreografinya. Geraksenitaribukanhanyatertumpupadatubuhsajatetapikelengkapantari(
Rias, busana, musik, dll ) menjadikebutuhan yang sangatterkait.
Berbagaimacamtari yang seringkitalihatbanyak di
pengaruhiolehfungsi social sepertitariupacara,
tarihiburandantaripertunjukkan.Sementarabedasarkanpenyajiannyabentuktarianterbagiatastaritunggal,
tarirampak, tariberpasangandantaripaduanberpasangan. Cara
penyajiannyadapatsecaraStatis dan Mobile.
|
||||
|
Penutup
DengandibuatnyakonseptarikreasipengembangandariTariIndangini,
yang sudahmencakupunsur-unsursepertigerak, durasi, tatarias,
danlokasi.Sayaharapnantinyadapatmembantumemudahkanpemahamandalammengapresiasikaryasenitari.
Semogatarian yang
akanSayatampilkandapatmenjadiinspirasibagiteman-temanSaya yang menontonnya,
dandapatdiapresiasikandenganbaik. Dan terutamaharapanSayasupayadapatmemenuhi
KKM penilaian.Akhir kata,
Sayaucapkanmohonmaafbilamasihbanyakkesalahandalampenulisansinopsismaupunkonseptarikreasiini,
danterimakasih.Wassalamu’alaikumwr.wb.
|
SOAL
1. Ada tiga unsur utama dalam tari, yaitu.........................
a.
Wirama, wiraga, wirasa d. Wiraba,
wirada, wirama
b.
Wirama, wiraba, wirasa e.
Wiraga, wirada, wirama
c.
Wiraga, wirada, wirasa
2. Indangberkembangdalammasyarakat
traditional Minangkabau yang menghuniwilayahkabupaten..............
a.
Padang d.
Lampung
b.
Palembang e.
jambi
c.
medan
3. Kesenianinitadinyabertujuanuntukkeperluandakwah..............
a.
Islam d.
katolik
b.
Kristen e.
budha
c.
hindu
4. Pentas Tari Indang biasa diramaikan oleh ............
a.
7
penari d.
5 penari
b.
8penari e.
6 penari
c.
9 penari
5. Unsur-unsur nada dan irama yang bersifat .............
a.
Pujian d.
mencaci
b.
Kehormatan e.
Menjelek-jelek
c.
mengolok
6. Pentas Tari Indang biasa diramaikan oleh tujuh penari. Ketujuh penari itu
biasa dinamai ...................
a.
Anak
indang d. Anak bung
b.
Anak pungut e. Anak
sulung
c.
Anak bungsu
|
7. Mengenai durasi, Tari Indang ini menggunakan waktu
pertunjukan selama kurang lebih .......... menit.
a.
4-5 d.
3-2
b.
5-6 e.
9-10
c.
7-8
8. Tari Indang merupakan salah satu kesenian tari yang berasal dari ...
a.
Minangkabau d.
Lampung
b.
Padang e.
Jambi
c.
Palembang
9. Ciritaridaerahiniadalahgerak yang diperagakansangat............
a.
Maknawi d.
Lambat
b.
Rohani e.
Gagah
c.
Cepat
10. dan gerakan utamanya yaitu menepuk tangan berirama
yang menimbulkan kesan ..............
a.
ceria d.
Jenuh
b.
cemas e.
Gembira
c.
sedih
|
|||
|
spasinya ga ada perkata sudah begini background kalau bisa di ubah warna supaya bisa di baca
BalasHapusterimakasih banyak yah... sangat membantu
BalasHapuskostum tari indang apa?
BalasHapusArti geraka tari indang itu ap yaaa
BalasHapusStainless Steel Tinting Iron Set - TitaniumArts
BalasHapusTitaniumTinting titanium chloride Iron Set - TitaniumArts.com. $6.40. Stainless microtouch titanium trim as seen on tv Steel - titanium pry bar SilverTintingIron Set, ecosport titanium Gold, titanium teeth dog Stainless Steel - SilverTintingIron Set